Kris Allen Album News


entah emang sudah ditakdirkan untuk bertemu atau tidak, tampaknya rivalitas Kris Allen Vs. Adam Lambert mengingatkan kita pada battle Jordin Sparks Vs. Blake Lewis. Cuma bedanya, Ms. Sparks dan Mr. Lewis menekankan pada kualitas vokal mereka yang memang hebat. Sedangkan pada American Idol kali ini dipenuhi oleh drama dan beberapa penampilan sensasional dari keduanya. Apakah ini berkah atau kutukan?

Well, saya hanya bisa mengatakan Album Kris Allen tampkanya akan menuai banyak protes dari fansnya. Apakah memang ini benar Kris Allen? Hmm, album ini dibuka dengan track ”Live Like We’re Dying” yang merupakan cover version dari The Script. Just honest dear, pendapat semua orang sudah terangkum ketika single ini masuk sebagai Single of the day. Sebagai track pembuka, track ini bisa dikatakan sukses untuk mengunci telinga untuk mendengarkannya. Setelahnya bagaimana?

”Before We Come Undone” didaulat menjadi lagu berikutnya. Lagu ini ditulis Allen bersama dengan Greg Kurstin dari The Bird and The Bee. Bagaimana dengan track ini? Syukurlah vokal Allen akan langsung dikenali. Inilah salah satu lagu terbaik di album ini. Bersama dengan ”Red Guitar” yang dinyanyikannya di panggung American Idol, ciri dan tarikan vokal Allen begitu terasa. Lagu ini bercerita mengenai kehidupan personalnya bersama sang istri. Emosi yang tergambar dalam setiap reffrain pun membuat kita langsung ingin mencari lirik lagunya dan menyanyi bersama sang juara.

Ada banyak influence yang bisa ditemukan dalam album ini. Gaya bernyanyi seperti Gavin DeGraw sampai teknik vokal dari Bob Dylan. Genre dari tiap lagu pun bisa dikatakan lumayan berbeda. Sehingga kita sulit menarik benang merah dari album ini sebenarnya lari kemana. Beberapa identitas lagu pun seperti dipertanyakan. Kok ini mirip dengan lagu yang itu yah?

Sebut saja, track ”Bring It Back”. fiuh, apakah ini album The Fray? Dimulai dengan 12 detik pertama intro piano mengalun pelan, vokal sendu Kris Allen menyambungnya dan ditutup dengan konsep full band di detik ke 58 sampai akhir lagu. Hah? Padahal lagu ini diproduseri oleh Eg White. Orang yang bertanggung jawab terhadap kesuksesan ”Chasing Pavements” milik Adele.

Ada begitu banyak lagu ballad dalam album ini. Track ”The Truth” yang ditulis oleh Pat Monahan dari band Train terdengar seperti Lifehouse. Bersama dengan track “Let It Rain” menjadikan telinga kita capek dengan ballad seperti ini. Mungkin satu keuntungan yang bisa didapatkan adalah, kedua lagu ini bisa dengan mudah dijadikan soundtrack dari serial televisi. Tanpa harus diketahui siapa sebenarnya penyanyinya.

Salah satu track yang bisa diandalkan adalah ”Alright With Me”. Dimana intro yang berupa alunan perkusi dan vokal yang berlapis langsung mencuri perhatian. Pelan-pelan intro tersebut disambung oleh barisan petikan gitar yang sangat renyah dan kita rasanya dengan senang hati mendengarkan curhat Kris Allen dalam track ini. Track ini ditulisnya bersama Joe King dari The Fray melengkapi total 9 lagu yang ikut ditulisnya dari keseluruhan album.

Siapakah yang bertanggung jawab sepenuhnya untuk album ini? Silahkan cecarkan protes dan rasa kagum anda pada 19Entertainment yang telah menghadirkan album Kris Allen seperti ini. Tapi setidaknya saya bersyukur track ”I Need To Know” ditaruh di bagian akhir. Vokal Allen yang begitu menghayati lagu dan diiringi oleh alunan piano (tanpa terdengar seperti The Fray) bisa menjadi gambaran bahwa sebenarnya Kris Allen memiliki talenta yang besar. Hanya saja, musik seperti apa yang dipoles oleh siapa.

Ada yang kelupaan? Hohoho track “Heartless” milik Kanye West. Perlukah lagi saya menjabarkan bagaimana dahsyatnya lagu ini? Dengan applaus meriah yang didapatnya dari show American Idol, dan pembicaraan dimana-mana bahwa dia bisa menghilangkan ”nafas” R&B dari track ini bisa menjelaskan kualitas vokal Allen sebenarnya. Jadi sekali lagi, mari kita tunggu album berikutnya untuk melihat rupa asli dari Kris Allen.

Track List:
# Title Writer(s) Producer(s) Length
1. “Live Like We’re Dying” Steve Kipner, Andrew Frampton, Danny O’Donoghue, Mark Sheehan Frampton, Kipner 3:32
2. “Before We Come Undone” Kris Allen, Lindy Robbins, Greg Kurstin Kurstin (for SK1 Productions) 3:31
3. “Can’t Stay Away” Allen, Robbins, Mike Elizondo Elizondo 3:19
4. “The Truth” Pat Monahan, Toby Gad Gad 4:40
5. “Written All Over My Face” Kipner, Frampton, O’Donoghue, Sheehan Frampton, Kipner 3:34
6. “Bring It Back” Allen, Francis White White (for Spilt Milk Management) 3:42
7. “Red Guitar” Allen Mike Flynn, Warren Huart 4:27
8. “Is It Over” Allen, Elizondo, Cale Mills Elizondo 3:34
9. “Let It Rain” Allen, Tobias Karlsson Karlsson 3:29
10. “Alright With Me” Allen, Joe King Flynn, King 3:07
11. “Lifetime” Allen, Elizondo, Jon Foreman Elizondo 3:38
12. “I Need To Know” Allen, Robbins, Gad Gad 3:34
13. “Heartless” (Bonus track, all versions) Malik Yusef El Shabbaz Jones, Scott Mescudi, Kanye West, Ernest Wilson, Jeffrey Bhasker, Benjamin McIldowie Salaam Remi 3:42

About sempoljunior

I am GOOD, but not an angel I do SIN but i am not a devil I am a HUMAN :)

Posted on Januari 13, 2010, in news. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: